Rabu, 18 Oktober 2017

teori manajemen



Manajemen merupakan suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasi atau maksut-maksut nyata. Manajemen merupakan subjek penting karena mempersoalkan penetapan serta pencapaan tujuan-tujuan. Manajemen tidak saja mengidentifikasi, menganalisis dan mengkombinasikan secara efektif bakat orang-orang. Tujuan dari manajemen adalah sebagai pedoman bagi suatu kegiatan, sumber legitimasi, standar pelaksanaan, sumber motivasi, serta dasar rasional pengorganisasian (Brantas, 2009).
Manajemen sangat diperlukan dalam suatu usahatani karena dengan manajemen yang baik akan didapat suatu penetapan dan pencapaian sasaran-sasaran usaha. Manajemen tersebut memiliki fungsi sebagi berikut:
1.    Planning (Perencanaan)
Planning adalah perencanaan tentang yang akan dicapai yang kemudian memberi pedoman tentang apa yang akan dituju. Selain itu perencanaan juga merupakan suatu rumusan dari persoalan-persoalan tentang apa dan bagaimana suatu pekerjaan akan dilaksanakan termasuk persiapan untuk tindakan-tindakan administrasi. Perencanaan merupakan suatu usaha untuk membuat dan menentukan apa yang harus dicapai pada suatu usaha, kapan dan bagaimana usaha/kegiatan tersebut dilaksanakan. Perencanaan dapat dikatakan sebagai langkah awal dari suatu kegiatan dalam pencapaian tujuan. Pencapai tujuan masih diperlukan suatu perencanaan secara menyeluruh beserta kebijakan yang diperlukan, disamping perlu adanya pedoman kerja agar para karyawan dapat mengetahui apa yang akan dikerjakan.


2.    Organizing (Pengorganisasian)
Pengorganisasian adalah melakukan penentuan dan pengaturan tentang tugas atau pekerjaan, siapa yang melakukan, alat-alat apa yang diperlukan, serta bagaimana modal dan fasilitasya. Pembagian tugas dilakukan berdasarkan macamnya maupun sifat tugasnya sehingga suatu tugas dapat dilakukan oleh orang yang tepat.
3.    Actuating (Pelaksanaan)
Pelaksanaan merupakan hal inti dari manajemen. Segala sesuatu yang sudah selesai pengaturannya dilaksanakan untuk menyelesaikan tugas. Pelaksanaan dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan. Pelaksanaan (actuating) merupakan upaya untuk menjadikan perencanaan menjadi kenyataan. Pada tahap pelaksanaan, perlu adanya pengarahan, bimbingan dan komunikasi agar pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu. Pengarahan dan bimbingan yang diberikan juga merupakan kegiatan menciptakan, memelihara, menjaga atau mempertahankan dan memajukan usahatani melalui setiap personil, baik secara struktural maupun fungsional, agar langkah operasionalnya tidak keluar dari usaha mencapai tujuan.


4.    Controlling (Pengawasan)
Adanya rencana yang telah diatur dan dilaksanakan belum menjamin bahwa tujuan akan tercapa dengan sendirinya. Diperlukan kendali atau kontrol untuk menentukan serta mencapai tujuan melalui pemanfaatan sarana atau sember daya yang ada.
pengawasan adalah proses untuk memastikan bahwa segala aktifitas yang terlaksana sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Pengawasan pada dasarnya diarahkan sepenuhnya untuk menghindari adanya kemungkinan penyelewengan atau penyimpangan atas tujuan yang akan dicapai. Melalui pengawasan diharapkan dapat membantu melaksanakan kebijakan yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan secara efektif dan efisien. Bahkan, melalui pengawasan tercipta suatu aktivitas yang berkaitan erat dengan penentuan atau evaluasi mengenai sejauhmana pelaksanaan kerja sudah dilaksanakan. Apabila fungsi pengawasan tidak dijalankan bersama dengan fungsi manajemen yang lain maka mengakibatkan timbulnya hambatan dalam pencapaian tujuan. Pengawasan merupakan tugas akhir setelah berlangsungnya segenap kegiatan-kegiatan manajemen.

Tembakau



Menurut Suwarto (2010), tembakau merupakan salah satu bahan baku pembuatan rokok kretek yang sangat digemari orang Indonesia. Di Indonesia, tembakau yang baik (komersial) hanya dihasilkan di daerah-daerah tertentu. Kualitas tembakau ditentukan oleh lokasi penanaman dan pengolahannya sehingga hanya beberapa tempat yang memiliki kesesuaian dengan kualitas tembakau terbaik. Daerah penghasil tembakau adalah Sumatra Utara (Deli), Sumatera Barat (Payakambuh), Bengkulu, Sumatera Selatan (Palembang), Jawa Tengah (Surakarta, Klaten, Dieng, Kedu, Temanggung, Parakan, serta Wonosobo) dan Jawa Timur (Bojonegoro dan Besuki). Berdasarkan klasifikasi botanisnya, tanaman tembakau dikelompokkan sebagai berikut:
Divisi               : Spermatophyta
Sub Divisi       : Angiospermae
Kelas               : Dicotyledonae
Ordo                : Solanales
Famili              : Solanaceae
Genus              : Nicotiana
Spesies            : Nicotiana tabacum

Tanaman dapat menghasilkan tembakau mutu tinggi jika paling sedikit satu bulan menjelang panen tidak terkena hujan dan saat itu cuaca cerah sampai saat panen. Pada lahan di tegal dan gunung yang kesulitan air, populasi tanaman lebih sedikit daripada tembakau sawah. Populasi tanaman yang digunakan petani sawah yaitu 30.000 tanaman per ha, sedangkan untuk tegal dan gunung populasi yang digunakan yaitu masing-masing 25.000 dan 20.000 tanaman per ha. Populasi tanaman tembakau terbaik adalah 33.000 tanaman per ha baik untuk sawah, tegal, maupun gunung. Jarak barisan antar guludan 100 cm, jarak tanam dalam barisan guludan 50 cm, dan jarak tanam dalam barisan 45 cm. Tembakau tegal dan gunung cenderung mendapat air yang lebih sedikit dan jarak tanam yang lebar, mutu tembakau rajangannya lebih aromatik, rasanya lebih berat, berdaun lebih tebal, dan berwarna lebih gelap daripada tembakau sawah (Suwarto, et al., 2014).

            Tanaman tembakau di Indonesia dikenal sebagai tembakau Voor-Oogst (VO) dan Na-Oogst (NO). Tembakau Na-Oogst (NO) adalah tembakau yang ditanam saat musim kering dan dipanen saat musim hujan tanpa rumah naungan, sedangkan tembakau Voor-Oogst (VO) adalah tembakau yang ditanam dan panen saat musim kering. Pada hakikatnya tembakau bawah naungan  merupakan tembakau NO yang direkayasa pada musim VO, ada penambahan rumah naungan dan spraying sebagai pengganti hujan yang merupakan persyaratan tembakau sebelum dipetik harus pernah mendapat curah hujan minimal 100 mm. Resiko yang dihadapi  dalam pengusahaan tembakau bawah naungan lebih rendah dibandingkan tembakau NO, hama dan penyakit terkendali, pengolahannya lebih mudah, kualitas Dekblad yang dihasilkan bisa mencapai 90% (Anastasia, et al., 2014).

kids jaman now

lagi trend banget ya istilah "Kids Jaman Now" di akhir tahun 2017 ini. kata ini sedikit menyindir kelakuan-kelakuan anak jaman sekarang yang pada nyeleneh, keluar dari aturan, bahkan tidak patut untuk dilakukan.
berikut kelakuan-kelakuan aneh kids jaman now menurut versi saya:
1. gila HP, gila Sosmed

kids jaman now kemana-mana bawa hp, ya meskipun itu cuman buat buka tutup doank enggak ada yg ngubungin. bolak balik liat sosmed mulai dari instagram, line, bbm, WA, facebook, twitter, path kalo udah selesai balik lagi urutannya. gitu aja terus sampe tua πŸ˜†

2. Sok pamer

kids jaman now dikit2 nongkrong, pas nongkrong pesen makanan. udah dateng makanan bukan dimakan malah sibuk fotoin makanan, di edit-edit-edit cuss upload-upload.. dipantengin terus itu sosmed gegara mburu coment mburu like.. giliran mau makan eh makanan udah basi kali ya saking lamanya...

3. Berdoa dan curhat lewat Sosmed

sadar gak sih banyak banget update di sosmed dengan kata memohon. iya bener sih emang Tuhan ada dimana-mana, tapi emang kudu begitu kalo berdoa? biar apa?
ada lagi yang update dengan sok ngancem "yang gak like bakal susah 7 turunan", "tap 2x masuk surga", "coment amin biar dapet jodoh idaman". masuk akal gak sih???

4. dulu, anak2 liat orang gede pacaran, sekarang orang gede yang pada liat anak2 udah pada pacaran (yang gede malah jomblo aja :D)

kids jaman now, masih SD aja udah main tembak-tembakan,, ngasih bunga ngasih coklat. jadian manggilnya mama-papa. giliran berantem pada bilang "kamu mikir dewasa donk". pliss mikir masih bocah suruh mikir dewasa katanya ... hahaha

5.  Dimarahin Pacar galau, dimarahin Orang Tua Nyolot

ngerasa gak sih kids jaman now kalo pada mentingin pacar ketimbang orang tua. emang yang ngurusin lo dari kecil pacar lo??? miris ya kalo pacar marah bingungnya minta ampun, galau gak mau makan. giliran orang tua marahin kita ngingetin kita kalo kita salah malah nyolot, ngebentak, kabur dari rumah, curhat ke teman kalo gak ada yang mau ngerti. duh repot ...

Jumat, 31 Maret 2017

5 tips antisipasi sakit hati


Kata pacaran mungkin udah gak asing lagi ya di jaman yang udah modern gini. Bahkan dari jaman dulu juga banyak kok yang pacaran buat mengenal lebih jauh pasangan sebelum ke jenjang yang lebih serius. Tapi tau nggak sih, banyak juga pasangan2 yang udah lama pacaran eh malah putus di tengah jalan. alasannya sih beragam ya, tergantung dari permasalahan masing2. Kalo udah lama-lama pacaran trus gak bisa lanjut ke jenjang serius, gimana rasanya?? pasti banyak yang stress, sakit hati, bahkan ada yang depresi. Buat kamu yang ada pada kondisi kaya gini, disini aku mau bahas gimana caranya mencegah biar kalian gak terlalu depresi kalo kalian udah putus sama pasangan kalian.


1. Pas pacaran, jangan kasih semua rasa sayang yang kamu punya.
sayang boleh, dan sayang sama pasangan emang wajar banget. kalo gak sayang malah bahaya πŸ˜„ tapi jangan kasih semua perasaan sayangmu ke pasanganmu. sayanglah dengan kapasitas yang wajar. setidaknya jika kalian dikecewakan sama pasangan kalian, kalian gak akan terlarut dalam kesedihan.

2. Pas pacaran, usahakan biasa aja, lakuin hal sewajarnya
pas pacaran, pasti seru banget ya kalo lakuin sesuatu sama pasangan. tapi perlu diinget juga, jangan berlebihan. apalagi sekarang lagi musim banget ya pamer kemesraan di semua medsos yang di punya, saranku sih, gpp pamer tapi jangan kebanyakan jangan keseringan. ntar pas putus malah malu sendiri.

3. Dunia gak cuman milik kalian berdua
jadi biasanya kalo udah punya pacar, selalu deh pacar yang jadi prioritas utama. helloww... jangan kaya gitu ya. meski kalian punya pacar, jangan lupa sama temen-temen kamu, keluarga kamu, dan kegiatan kamu. seenggaknya kalo kalian udah nggak sama pasangan kalian, kalian masih punya orang-orang yang sayang sama kalian. kalo pas pacaran kalian lupa sama orang sekitar, yakin deh pasti banyak yang nyinyir,, apalagi pas putus banyak yang nyorakin .

4. Jangan kasih semua yang pasangan kamu minta
mungkin banyak orang menilai kalo kasih sesuatu buat pasangan adalah hal yang wajar, bahkan jadi keharusan. menurutku sih kalo yang kalian kasih atau yang dia minta itu masih wajar dan kalian mampu sih fine2 aja ya. jangan sampe pas kalian putus malah berantem gara2 pemberian pas waktu pacaran dulu. kan malu uy ....

5. Jangan masuk terlalu dalam di lingkup keluarga

mengenal keluarga dari pasangan itu penting juga kok. apalagi buat cewek yang ngenalin pasangannya ke keluarga penting untuk segi keamanan, biar si cowok gak macem2. deket sama keluarga pasangan emang asik, bikin kalian jadi akrab dan nggak canggung lagi. tapi pernah gak sih kalian mikir kalo misal kalian berantem hebat sama pasangan atau kalian memutuskan untuk tidak lagi bersama padahal kalian udah deket banget sama keluarga pasangan kalian ... pasti ada terselip rasa enggak enak lah, malu lah, sayang (eman) lah, dan sebangsanya. menurut aku nih ya, deket sama keluarga pasangan boleh, tapi jangan terlalu deket juga, kecuali kalo kalian emang udah ada rencana ke jenjang yang lebih serius gitu. supaya kalo ada apa2 sama hubungan kalian, kalian gak terlalu berat juga sama keluarganya. ntar pas udah putus trus kalian udah punya pasangan baru, kalian masih baper gara2 dihubungi keluarga mantan

oke itu sedikit tips buat kalian. tulisan ini bukan untuk mendoakan hubungan kalian dan pasangan gak baik ya, ini cuman ngingetin kalian aja bahwa semua itu gak ada yang abadi, so ... mencegah lebih baik kan daripada mengobati. semoga bermanfaat dan menginspirasi πŸ˜‰


Kamis, 23 Februari 2017

kata-kata romantis untuk pasangan LDR





lagi LDR? lagi kangen pacar?
LDR emang nyiksa banget kalo lagi rindu berat tak tertahan. kamu bisa romantis2an kata-kata ke pasangan kamu. berikut ada beberapa kata-kata romantis yang pastinya bikin kamu (pasangan LDR) jadi baper πŸ˜†


Hasil gambar untuk kata romantis ldr

(boleh copy paste terus kirim ke pacar kamu yang lagi jauh disana guys )

Barangkali, Tuhan memang sengaja menciptakan jarak di antara kita. Agar kita tahu bahwa setia adalah ujian atas rasamu dan rasaku

Rinduku padamu mungkin tak sedalam lautan, bukan juga sebesar pegunungan. Namun asal kau, lautan dan pegunungan pun akan aku lewati agar rindu ini terlampiaskan.

Saat berada jauh darimu, yang dapat kulakukan hanya mendoakanmu dalam setiap sujudku. Mendo'akan harapan dan cita-citaku dimasa depan bersamamu.

bumi pun tahu tentang dua manusia yang saling merindukan dan menatap langit yang sama. Dari aku dan kamu

Tak ada yang bisa membuatmu jauh dariku, termasuk jarak. Karena kemanapun aku pergi , kamu akan tetap ada disini, dihatiku.

Kita memang tidak seperti pasangan lain yang bisa bertemu kapan saja,  tapi tau lewat do'a, aku bisa memelukmu kapan saja.

 Jarak hanyalah sebuah persepsi. Selama kita saling menjaga perasaan, sejauh apapun jarak tetap tak mampu untuk memisahkan.

mencintaimu dengan rasa sabar dan setulus hatiku, meski kita terhalang jarak , rasa ini tak akan pernah pudar untukmu

Tak ada alasan yang jelas kenapa aku mencintaimu. Yang pasti aku ingin bahagia bersamamu, menyayangimu, dan tak ingin kamu terluka

 Bersama denganmu akan selalu menjadi bagian terindah di dalam hidupku. Dan meskipun sekarang kita tidak bisa bersama, aku tidak akan berhenti untuk menunggu kebahagiaanku.

Aku selalu mencoba untuk menghibur diri, namun semua itu tidak bisa mengobati rasa rindu dan kangenku kepadamu karena jarak yang begitu melelahkan ini.

Aku slalu percaya pada Tuhan dan waktu.. Karna Tuhan telah mengatur segalanya, dan waktu akan merubah semuanya menjadi indah

Aku bertahan disini karna aku yakin kau disana akan selalu menjaga cinta kita

Malam ini, langit gelap tanpa bintang dan rembulan. Semua terasa gelap, dan mungkin hanya kehadiranmu yang akan memecahkan kesunyian.

Meskipun Hanya bisa memandangi foto dan mendengarkan suaramu saja . Aku sudah bahagia . Apalagi bisa bertemu denganmu :*

Selama aku pergi, ku akan mengingatmu tak hanya sementara. Selalu dan selalu kurindukan senyummu untukku disini.

tetaplah disana bertahan dalama hubungan ini karena waktu akan mempertemukan kita

 Aku rindu saat kamu menyapaku di pagi hari. Aku ingin melihat lengkungan di bibir manismu. Aku setia menunggu hingga saat kita bertemu.

Terkadang aku bingung.. Ingin menyampaikan setumpuk rinduku padamu. Namun sayang, jarak belum berpihak. Kita terpisah jauh karnanya



itulah beberapa kata-kata romantis untuk kalian yang lagi LDR. semoga dapat menginspirasi dan bermanfaat ....

Tips awet pacaran untuk kamu yang lagi LDR


LDR ??? apaan sih ???

kata LDR pasti gak asing lagi buat kamu apalagi yang udah pada gede ya.. Long Distance Relationship atau hubungan jarak jauh adalah ketika kamu dan pasanganmu sedang menjalani hubungan namun terpisah oleh jauhnya jarak dan perbedaan waktu.
Ada sebagian orang yang lebih seneng pacaran jarak jauh daripada yang setiap hari sering ketemu. mungkin emang biar gak bosen kali ya... trus biar kangennya numpuk jadi pas ketemu lebih dapet momen kangen2nya. Adayang bilang, LDR itu cuman dijalani sama orang-orang yang kuat aja soalnya dengan LDR kita belajar banyak banget..  kita bisa belajar setia, belajar komitmen, belajar untuk mandiri, belajar percaya, belajar percaya dan belajar ..... MENERIMA KENYATAAN😊

Buat kalian yang lagi LDR atau kalian yang ada rencana LDR, ada tips nih gimana caranya biar hubungan kalian tetep awet meski kalian lagi jauhan. 

1) Saling percaya satu sama lain
kepercayaan itu penting banget. kamu lagi LDR pasti gak tau kan pasangan kalian lagi ngapain aja? lagi dimana aja? lagi sama siapa aja? so.. kalian harus saling percaya sama pasangan kalian ya ... jangan asal nuduh aja biar gak jadi salah paham dan biar kalian gak berantem. 

2) Positif Thingking
kamu yang lagi LDR pasti ada kekhawatiran tersendiri sama pasangan kalian. aku saranin, jangan negatif thingking melulu sama pacar kamu, yang ada malah jadi beban pikiran kamu sendiri. tetap rileks dan bayangin yang bagus-bagus aja deh.

3) Komunikasi harus lancar
pastikan komunikasi kalian berjalan dengan lancar ya. meski jarang banget buat ketemu, sekarang jaman udah canggih, kalian bisa manfaatin HP kalian semaksimal mungkin. paling enggak kalian bisa saling telvon atau video call buat ngilangin rasa kangen kalian. 

4) Saling jujur dan terbuka
sikap jujur dan terbuka juga penting nih buat yang lagi LDR. jadi selama LDR kalian bisa saling curhat, cerita, sharing sama pasangan kalian. jangan ada yang ditutupi antara kalian biar gak ada salah paham. dengan sikap jujur pasangan kalian pasti juga ngerasa kalo dirinya dihargai dan dipercaya untuk dengerin cerita kalian dan ngejaga rahasia kalian. ketahuan bohong meski sekali pasti berpengaruh banget sama kelanjutan hubungan kalian.

5) Buat Komitmen untuk Hubungan Kalian Kedepannya
komitmen sama hubungan itu bisa bikin hubungan kalian bertahan. degan adanya komitmen kalian jadi ngerti apa tujuan kalian saling mempertahankan satu sama lain. misalnya kalian bisa berkomitmen untuk ke jenjang yang lebih serius (menikah).

6) Kasih surprise kecil untuk pasangan kalian
siapa bilang LDR gak bisa romantis? kalian bisa kasih kado sederhana untuk pasangan kalian terlebih saat moment istimewa pasangan kalian. misal kasih cewek kamu bunga, coklat, atau apapun yang bisa kamu pesan untuk dirinya. untuk para cewek, kalian bisa kirim kado barang yang mungkin diperlukan cowok kalian, atau bisa juga kirim makanan kesukaan pacar kalian. kalian juga bisa kaih kejutan tiba2 datang ke tempat pasangan kalian biar makin kena moment surprise nya.

7) Sisihkan waktu untuk bisa bertemu
kalian yang lagi berjauhan jarak, sempatkan waktu kalian untuk saling bertemu melepas rindu satu sama lain. gunakan waktu sebaik-baiknya untuk kalian bisa quality time bersama.

8) Berdoa
jangan cuman lahirnya aja yang usaha, tapi batinnya juga. jangan lupa berdoa untuk hubungan kalian agar dijauhkan dari godaan. berdoa agar hubungan kalian tetap awet ya ..

itu dia beberapa tips untuk kalian yang lagi LDR, semoga bermanfaat πŸ˜™