Kamis, 23 Februari 2017

kata-kata romantis untuk pasangan LDR




lagi LDR? lagi kangen pacar?
LDR emang nyiksa banget kalo lagi rindu berat tak tertahan. kamu bisa romantis2an kata-kata ke pasangan kamu. berikut ada beberapa kata-kata romantis yang pastinya bikin kamu (pasangan LDR) jadi baper 😆


Hasil gambar untuk kata romantis ldr

(boleh copy paste terus kirim ke pacar kamu yang lagi jauh disana guys )

Barangkali, Tuhan memang sengaja menciptakan jarak di antara kita. Agar kita tahu bahwa setia adalah ujian atas rasamu dan rasaku

Rinduku padamu mungkin tak sedalam lautan, bukan juga sebesar pegunungan. Namun asal kau, lautan dan pegunungan pun akan aku lewati agar rindu ini terlampiaskan.

Saat berada jauh darimu, yang dapat kulakukan hanya mendoakanmu dalam setiap sujudku. Mendo'akan harapan dan cita-citaku dimasa depan bersamamu.

bumi pun tahu tentang dua manusia yang saling merindukan dan menatap langit yang sama. Dari aku dan kamu

Tak ada yang bisa membuatmu jauh dariku, termasuk jarak. Karena kemanapun aku pergi , kamu akan tetap ada disini, dihatiku.

Kita memang tidak seperti pasangan lain yang bisa bertemu kapan saja,  tapi tau lewat do'a, aku bisa memelukmu kapan saja.

 Jarak hanyalah sebuah persepsi. Selama kita saling menjaga perasaan, sejauh apapun jarak tetap tak mampu untuk memisahkan.

mencintaimu dengan rasa sabar dan setulus hatiku, meski kita terhalang jarak , rasa ini tak akan pernah pudar untukmu

Tak ada alasan yang jelas kenapa aku mencintaimu. Yang pasti aku ingin bahagia bersamamu, menyayangimu, dan tak ingin kamu terluka

 Bersama denganmu akan selalu menjadi bagian terindah di dalam hidupku. Dan meskipun sekarang kita tidak bisa bersama, aku tidak akan berhenti untuk menunggu kebahagiaanku.

Aku selalu mencoba untuk menghibur diri, namun semua itu tidak bisa mengobati rasa rindu dan kangenku kepadamu karena jarak yang begitu melelahkan ini.

Aku slalu percaya pada Tuhan dan waktu.. Karna Tuhan telah mengatur segalanya, dan waktu akan merubah semuanya menjadi indah

Aku bertahan disini karna aku yakin kau disana akan selalu menjaga cinta kita

Malam ini, langit gelap tanpa bintang dan rembulan. Semua terasa gelap, dan mungkin hanya kehadiranmu yang akan memecahkan kesunyian.

Meskipun Hanya bisa memandangi foto dan mendengarkan suaramu saja . Aku sudah bahagia . Apalagi bisa bertemu denganmu :*

Selama aku pergi, ku akan mengingatmu tak hanya sementara. Selalu dan selalu kurindukan senyummu untukku disini.

tetaplah disana bertahan dalama hubungan ini karena waktu akan mempertemukan kita

 Aku rindu saat kamu menyapaku di pagi hari. Aku ingin melihat lengkungan di bibir manismu. Aku setia menunggu hingga saat kita bertemu.

Terkadang aku bingung.. Ingin menyampaikan setumpuk rinduku padamu. Namun sayang, jarak belum berpihak. Kita terpisah jauh karnanya



itulah beberapa kata-kata romantis untuk kalian yang lagi LDR. semoga dapat menginspirasi dan bermanfaat ....

Tips awet pacaran untuk kamu yang lagi LDR


LDR ??? apaan sih ???

kata LDR pasti gak asing lagi buat kamu apalagi yang udah pada gede ya.. Long Distance Relationship atau hubungan jarak jauh adalah ketika kamu dan pasanganmu sedang menjalani hubungan namun terpisah oleh jauhnya jarak dan perbedaan waktu.
Ada sebagian orang yang lebih seneng pacaran jarak jauh daripada yang setiap hari sering ketemu. mungkin emang biar gak bosen kali ya... trus biar kangennya numpuk jadi pas ketemu lebih dapet momen kangen2nya. Adayang bilang, LDR itu cuman dijalani sama orang-orang yang kuat aja soalnya dengan LDR kita belajar banyak banget..  kita bisa belajar setia, belajar komitmen, belajar untuk mandiri, belajar percaya, belajar percaya dan belajar ..... MENERIMA KENYATAAN😊

Buat kalian yang lagi LDR atau kalian yang ada rencana LDR, ada tips nih gimana caranya biar hubungan kalian tetep awet meski kalian lagi jauhan. 

1) Saling percaya satu sama lain
kepercayaan itu penting banget. kamu lagi LDR pasti gak tau kan pasangan kalian lagi ngapain aja? lagi dimana aja? lagi sama siapa aja? so.. kalian harus saling percaya sama pasangan kalian ya ... jangan asal nuduh aja biar gak jadi salah paham dan biar kalian gak berantem. 

2) Positif Thingking
kamu yang lagi LDR pasti ada kekhawatiran tersendiri sama pasangan kalian. aku saranin, jangan negatif thingking melulu sama pacar kamu, yang ada malah jadi beban pikiran kamu sendiri. tetap rileks dan bayangin yang bagus-bagus aja deh.

3) Komunikasi harus lancar
pastikan komunikasi kalian berjalan dengan lancar ya. meski jarang banget buat ketemu, sekarang jaman udah canggih, kalian bisa manfaatin HP kalian semaksimal mungkin. paling enggak kalian bisa saling telvon atau video call buat ngilangin rasa kangen kalian. 

4) Saling jujur dan terbuka
sikap jujur dan terbuka juga penting nih buat yang lagi LDR. jadi selama LDR kalian bisa saling curhat, cerita, sharing sama pasangan kalian. jangan ada yang ditutupi antara kalian biar gak ada salah paham. dengan sikap jujur pasangan kalian pasti juga ngerasa kalo dirinya dihargai dan dipercaya untuk dengerin cerita kalian dan ngejaga rahasia kalian. ketahuan bohong meski sekali pasti berpengaruh banget sama kelanjutan hubungan kalian.

5) Buat Komitmen untuk Hubungan Kalian Kedepannya
komitmen sama hubungan itu bisa bikin hubungan kalian bertahan. degan adanya komitmen kalian jadi ngerti apa tujuan kalian saling mempertahankan satu sama lain. misalnya kalian bisa berkomitmen untuk ke jenjang yang lebih serius (menikah).

6) Kasih surprise kecil untuk pasangan kalian
siapa bilang LDR gak bisa romantis? kalian bisa kasih kado sederhana untuk pasangan kalian terlebih saat moment istimewa pasangan kalian. misal kasih cewek kamu bunga, coklat, atau apapun yang bisa kamu pesan untuk dirinya. untuk para cewek, kalian bisa kirim kado barang yang mungkin diperlukan cowok kalian, atau bisa juga kirim makanan kesukaan pacar kalian. kalian juga bisa kaih kejutan tiba2 datang ke tempat pasangan kalian biar makin kena moment surprise nya.

7) Sisihkan waktu untuk bisa bertemu
kalian yang lagi berjauhan jarak, sempatkan waktu kalian untuk saling bertemu melepas rindu satu sama lain. gunakan waktu sebaik-baiknya untuk kalian bisa quality time bersama.

8) Berdoa
jangan cuman lahirnya aja yang usaha, tapi batinnya juga. jangan lupa berdoa untuk hubungan kalian agar dijauhkan dari godaan. berdoa agar hubungan kalian tetap awet ya ..

itu dia beberapa tips untuk kalian yang lagi LDR, semoga bermanfaat 😙

Rabu, 22 Februari 2017

Konsep Nilai Tambah (Value Added)

Konsep nilai tambah adalah suatu perubahan nilai yang terjadi karena adanya perlakuan terhadap suatu input pada suatu proses produksi. Arus peningkatan nilai tambah komodutas pertanian terjadi di setiap mata rantai pasok dari hulu ke hilir berawal dari petani dan berakhir pada konsumen akhir. Nilai tambah komoditas pertanian di sektor hulu dapat dilakukan dengan penyediaan bahan baku berkualitas dan berkesinambungan yang melibatkan para pelaku mata rantai pertama. Nilai tambah pada sektor hilir melibatkan industri pengolahan. Komoditas pertanian yang bersifat perishable (mudah rusak) dan bulky (kamba) memerlukan penanganan yang tepat, sehingga produk pertanian siap dikonsumsi oleh konsumen. Perilaku tersebut antara lain pengolahan, pengemasan, pengawetan, dan manajemen mutu untuk menambah kegunaan menimbulkan nilai tambah sehingga harga produk pertanian menjadi tinggi (Marimin dan Magfiroh, 2010)
Menurut Sudiyono (2002), nilai tambah merupakan proses pengolahan bahan yang menyebabkan adanya pertambahan nilai produksi. Analisis nilai tambah menunjukkan bagaimana kekayaan perusahaan diciptakan melalui proses produksi dan bagaimana distribusi dari kekayaan tersebut dilakukan. Besarnya nilai tambah didapat dari pengurangan biaya bahan baku dan input lainnya terhadap nilai produk yang dihasilkan, tidak termasuk tenaga kerja. Secara matetik dinyatakan sebagai berikut:
Nilai tambah =  (K,B, T,U,H,h,L)
Keerangan :
K    = Kapasitas produksi
B    = Bahan baku yang digunakan
T     = Tenaga kerja yang dugunakan
U    = Upah tenaga kerja
H    = Harga output
h     = Harga bahan baku
L  = Nilai input lain (nilai dan semua korbanan yang terjadi selama proses perlakuan untuk menambah nilai)

Menurut Hayami et al., dalam Sudiyono (2002), ada dua cara untuk menghitung nilai tambah yaitu nilai tambah untuk pengolahan dan nilai tambah untuk pemasaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai tambah untuk pengolahan dapat dikategorikan menjadi dua yaitu faktor teknis dan faktor pasar. Faktor teknis yang berpengaruh adalah kapasitas produksi, jumlah bahan baku yang digunakan, dan tenaga kerja. Besarnya nilai tambah karena proses pengolahan didapat dari pengurangan biaya bahan baku dan input lainnya terhadap nilai produk yang dihasilkan, tidak termasuk tenaga kerja. 

Teori Pendapatan dan Efisiensi Biya

Pendapatan adalah  total penerimaan selama periode tertentu. Pendapatan akan menjadi lebih besar apabila biaya variabel yang dikeluarkan dapat ditekan dan diimbangi dengan produksi yang tinggi. Pendapatan dapat dihitung dengan rumus:

       =  TR - TC
TR     =  P x Q

TC     =  TFC + TVC
Keterangan:
         = Pendapatan Bersih (Rp)
TR       = Total Penerimaan (Rp)
TC       = Total Biaya (Rp)
P          = Harga (Rp/kg)
Q         = Produksi (kg)
TVC    = Total Biaya Variabel (Rp)
TFC     = Total Biaya Tetap (Rp)

            Pendapatan total (total revenue atau TR) adalah besarnya hasil pendapatan yang diterima oleh produsen dari hasil penjualan sejumlah barang yang diproduksi. Besarnya pendaatan total ini tidak lain sebagai hasil kali jumlah barang yang terjual dengan harga jual per unit yang terjadi karena adanya permintaan. Pendapatan total juga dapat diperluas dengan apa yang disebut pendapatan rata-rata. Pendapatan rata-rata dapat dinyatakan sebagai pendapatan total yang dihasilkan dari setiap kuantitas barang yang ditawarkan atau diminta, yang merupakan hasil bagi pendapatan barang pada jumlah tertentu. Pendapatan rata-rata kemungkinan berbeda-beda besarnya pada berbagai tingkat kuantitas barang dan bergantung pada bentuk fungsi pendapatan totalnya.

 
Gambar Kurva Total Revenue

Kurva TR perusahaan bersaing merupakan garis lurus miring dari kiri ke kanan adalah karena harga satuian produk bukan merupakan fungsi dari jumlah produk yang dihasilkan, sehingga junlah produk yang dihasilkan tidak mempengaruhi harga. Semakin banyak produk yang dihasilkan,makin besar nilai produk yang diperoleh dan sebaliknya. Sehingga kurva TR merupakan garis lurus miring dari kiri ke kaman, dimana kemiringannya disebabkan oleh harga. Keuntungan maksimum akan dicapai bila kapasitas produksi yang dijalankan sedemikian rupa sehingga kemiringan kurva TC sama dengan kemiringan kurva TR, yaitu pada kapasitas produksi sebesar X1 satuan.

Efisiensi biaya dapat diukur dengan menggunakan perbandingan antara nilai total penerimaan dengan total biaya produksi yang dikeluarkan. Perbandingan tersebut dikenal dengan istilah R/C ratio. R/C ratio ini menunjukkan besarnya penerimaan kotor dan total biaya produksi yang dikeluarkan. Usaha dikatakan efisien bila nilai R/C ratio lebih besar dari satu, dan jika R/C ratio kurang dari atau sama dengan satu maka usaha tersebut tidak efisien.
 R/C adalah singkatan dari Return Cost Ratio, atau dikenal sebagai perbandingan (nisbah) antara penerimaan dan biaya. Secara matematik, hal ini dapat dituliskan sebagai berikut:
a = R/C
R = Py . Y
C = FC + VC
a = {(Py . Y) / (FC + VC)}

Keterangan:
R    = Penerimaan
C    = Biaya
Py    = Harga output
Y    = Output
FC  = Biaya tetap (fixed cost)

VC = Biaya variabel (variable cost)

Selasa, 21 Februari 2017

analisis medan kekuatan

analisis medan kekuatan adalah suatu alat yang tepat digunakan dalam merencanakan perubahan. Dalam menciptakan perubahan ada dua kondisi yang harus diperhatikan pimpinan yakni mendorong dan menghambat perubahan. dalam mengatasi kondisi yang saling kontradiktif itu maka perlu dilakukan analisis medan kekuatan (FFA) agar diketahui faktor-faktor yang mendorong dan menghambat. Tahapan-tahapan Force Field Analysis tersebut adalah sebagai berikut:

1.    Identifikasi Faktor Pendorong dan Penghambat
Identifikasi faktor pendorong merupakan perpaduan antara strengths dan opportunities, sedangkan faktor penghambat merupakan perpaduan antara weakness dan threats. Menentukan faktor keberhasilan sebagai faktor-faktor strategis atau faktor kunci keberhasilan, perlu dilakukan penilaian terhadap setiap faktor yang teridentifikasi. Aspek yang dinilai dari tiap faktor antara lain: (a) Bobot faktor dalam mencapai tujuan; (b) Dukungan / konstribusi tiap faktor dalam mencapai tujuan; dan (c) Keterkaitan antar faktor dalam mencapai tujuan.
Penilaian terhadap faktor-faktor tersebut dilakukan secara kualitatif yang dikuantitatifkan melalui metode Likert, yaitu suatu penilaian dengan model rating scale yang selanjutnya disebut model skala nilai kemudian dikonversikan dalam angka yaitu:

Sangat baik
=
5, artinya sangat tinggi nilai dukungan/nilai keterkaitan
Baik
=
4, artinya tinggi nilai dukungan/nilai keterkaitan
Cukup
=
3, artinya cukup tinggi nilai dukungan/nilai keterkaitan
Kurang
=
2, artinya rendah nilai dukungan/nilai keterkaitan
Sangat kurang




=
1, artinya sangat rendah nilai dukungan/nilai keterkaitan. Menilai   keterkaitan antar faktor yang tidak ada kaitannya maka diberi nilai nol.
2. Penilaian Faktor Pendorong dan Penghambat
a)    Nilai Faktor (NF). Penilaian Nilai Faktor dilakukan dengan memakai model rating scale 1-5 atau melalui teknik komparasi yaitu membandingkan faktor yang paling urgen antara satu faktor dengan faktor lainnya.
b)   Bobot Faktor (BF). Penilaian Bobot Faktor) dapat dinyatakan dalam bilangan desimal atau presentase. Rumus dalam menentukan BF yaitu:
BF = ( NF/ ΣNF) x 100%
c)    ND (Nilai Dukungan). Nilai Dukungan ditentukan melalui wawancara dengan responden.

d)   Nilai Bobot Dukungan (NBD). Nilai Bobot Dukungan ditentukan dengan rumus:
NBD = ND x BF
e)    Nilai Keterkaitan (NK). Nilai Keterkaitan ditentukan dengan keterkaitan antara faktor pendorong dan faktor penghambat. Nilai tiap faktor menggunakan rentang nilai antara 1-5. Apabila tidak memiliki keterkaitan diberi nilai 0 (nol).
f)    Total Nilai Keterkaitan (TNK). Total Nilai Keterkaitan ditentukan dari jumlah total nilai keterkaitan antara faktor pendorong dan faktor penghambat dalam satu baris.
g)   Nilai Rata-rata Keterkaitan (NRK). Nilai Rata-rata Keterkaitan tiap faktor dapat ditentukan dengan rumus:
NRK = TNK / (ΣN -1)
Keterangan:
TNK       : Total Nilai Keterkaitan
∑ N        : jumlah faktor pendorong dan penghambat yang dinilai
h)   Nilai Bobot Keterkaitan (NBK). Nilai Bobot Keterkaitan  setiap faktor dapat ditentukan dengan rumus:
NBK = NRK x BF
i)     Total Nilai Bobot (TNB). Total Nilai Bobot tiap faktor dapat ditentukan dengan rumus:
TNB = NBD + NBK


3. Faktor Kunci Keberhasilan dan Diagram Medan Kekuatan
a) Penentuan Faktor Kunci Keberhasilan (FKK)
Berdasarkan besarnya TNB pada tiap-tiap faktor maka dapat dipilih faktor yang memiliki TNB paling besar sebagai faktor kunci keberhasilan (FKK) yang dapat dijadikan sebagai penentu strategi atau solusi dari adanya faktor pendorong dan faktor penghambat. Cara menentukan FKK adalah sebagai berikut:
1. Dipilih berdasarkan TNB yang terbesar
2. Jika TNB sama maka dipilih BF yang terbesar
3. Jika BF sama maka dipilih NBD yang terbesar
4. Jika NBD sama maka dipilih NBK terbesar
5. Jika NBK sama maka dipilih berdasarkan pengalaman dan pertimbangan rasionalitas
b) Diagram Medan Kekuatan
Berdasarkan besarnya TNB tiap faktor pendorong dan penghambat dapat ditunjukkan dalam suatu diagram yang bernama diagram medan kekuatan dengan kondisi yang ingin dicapai.

4. Penyusunan Rekomendasi Kebijakan
            Rekomendasi kebijakan dapat diwujudkan apabila tahapan penilaian sudah dilewati sehingga berdasarkan nilai tersebut dapat diketahui rekomendasi kebijakan pengembangan disesuaikan dengan kenyataan di lapang sebagaimana nanti tergambar dalam diagram medan kekuatan. Apabila telah diketahui faktor kunci pendorong tentu akan lebih mudah memproyeksikan tujuan rasional dan logis untuk dicapai. Sementara untuk mencegah resiko kegagalan dapat disusun rekomendasi kebijakan meminimalisir atau menghilangkan faktor kunci penghambat.