Jumat, 14 November 2014

Eksternalitas Sumber Daya



1.    Pengertian Eksternalitas
Eksternalitas merupakan konsekuensi suatu tindakan pelaku ekonomi satu ke pelaku ekonomi lainnya baik dampak yang menguntungkan maupun merugikan. Efek-efek tersebut terjadi jika perusahaan membebankan biaya kepada orang lain diluar tempat berlangsungnya pasar. Dimaksud dengan eksternalitas dikarenakan mekanisme pasar tidak dapat memasukkan semua biaya-biaya, seperti biaya sosial, dimana biaya yang berasal dari barang itu sendiri dalam penentuan harga barang (true cost).

2. Jenis-Jenis Eksternalitas
a. Eksternalitas uang (Pecuniary externalities)
Eksternalitas uang merupakan suatu eksternalitas yang merujuk pada pengaruh produksi atau utilitas pada pihak ketiga karena perubahan permintaan. Eksternalitas negatif uang dapat terjadi jika peningkatan produksi menyebabkan peningkatan harga input yang digunakan oleh industri lain. Eksternalitas uang juga mempengaruhi penawaran pasar dan kondisi permintaan. Eksternalitas uang hanya mempengaruhi harga tanpa mempengaruhi kemungkinan teknis produksi atau komsumsi. Contoh dari eksternalitas uang yaitu meningkatnya penjualan perhiasan menyebabkan peningkatan emas dan akan mempengaruhi daya beli maupun kesejahteraan dari konsumen perhiasan.

b. Eksternalitas teknikal (Technical Eksternalities)
Eksternalitas teknikal adalah tindakan seseorang dalam konsumsi maupun produksi akan mempengaruhi tindakan konsumsi atau produksi orang lain tanpa adanya konpensasi. Eksternalitas teknikal mengacu pada eksternalitas yang secara langsung mempengaruhi produksi perusahaan dalam fungsi utilitas individu. Contoh pada suatu proses produksi dihasilakan limbah yang dialirkan ke sungai irigasi sehingga produksi tanaman terganggu dan akhirnya merugikan produsen lain. Sedangkan pada tindakan konsumsi terdapat seseorang yang merokok sehingga menyebabkan asap rokok orang tersebut mengganggu orang disekitarnya.
c. Eksternalitas Barang Publik (Publik Good Externalities)
Eksternalitas barang publik merupakan eksternalitas barang yang jika dikonsumsi oleh individu tertentu tidak akan mengurangi konsumsi individu lain terkait barang tersebut. Contoh eksternalitas barang publik yaitu pemerintah melakukan perbaikan saluran irigasi guna membantu petani dalam penyaluran air untuk proses pertanian.

d. Eksternalitas Teknologikal (Technological Externality) atau Eksternalitas Kepemilikan (Ownership Externality)
Eksternalitas teknologi terjadi apabila teknologi dapat merubah struktur dinamika populasi dan (by catch) sehingga menimbulkan dampak negatif bagi sumber daya lain. Eksternalitas teknologi digolongkan dalam 2 tipe, yaitu :
Ø Eksternalitas sekuensial akan terjadi apabila perusahaan skala kecil dan besar mengeksploitasi stok saprodi pada siklus yang berbeda. Misalnya penambang pasir mengeksploitasi pasir di suatu daerah sehingga para penambang pasir yang lain tidak bisa mengambil pasir di daerah tersebut.
Ø Eksternalitas accidental akan terjadi ketika ada ketergantungan antara 2 alat dalam proses produksi. Misalnya dalam penangkapan ikan dengan menggunakan peledak akan menghasilkan oleh satu pihak, namun berdamppak negatif bagi lingkungan dan pihak lain yang juga akan melakukan penangkapan ikan.

1 komentar: